Minggu, 15 November 2015

Artikel Software DacEasy Accounting





Penjelasan

DacEasy Accounting adalah system yang lengkap mengelola dan mencatat transaksi-transaksi yang terjadi pada setiap perusahaan, baik  perusahaan dagang maupun jasa. Dac Easy Accounting terdiri dari 7 fungsi utama yaitu : inventori barang dan jasa, pengajuan rekening /faktur, piutang dagang, order pembelian dan penerimaan, hutang dagang, buku besar serta penyusunan anggaran dan peramalan. Untuk mengamankan informasi  dalam system akuntansi, DacEasy Accounting  menyediakan option  kontrol untuk password pengaman.

Program ini dijalankan pada komputer IBM PC, XT atau AT yang kompatibel. Untuk penggunaan harus menggunakan MS DOS  versi 2.00 atau yang lebih tinggi dan minimum mempunyai RAM  256 kilobyte.Juga diperlukan printer 80 kolom yang mampu mencetak karakter condesed (17 CPI). Sebuah harddisk sangat dianjurkan untuk penanganan dan penduplikasian data  yang cepat dan mudah. DacEasy Accounting dapat beroperasi untuk perusahaan kecil yang menggunakan 2 disk drive atau satu drive dengan densitas tinggi (1.2 Megabyte).

Penggunaan

Penggunaan Dac Easy Accounting relatif sama dengan aplikasi akuntansi lainnya. Biasanya digunakan untuk dunia usaha seperti bank dan dunia pendidikan, namun pada saat ini penggunaan dac easy accounting mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi yang sangat pesat. Terutama banyak aplikasi aplikasi baru yang sudah merevisi kekurangan kekurangan aplikasi akuntansi sebelumnya.

Kelebihan DacEasy Accounting :

·         Proses pengolahan cepat
·         Tingkat akurasi informasi yang dihasilkan cukup tinggi
·         Jarang terserang virus
·         Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.

Kelemahan DacEasy Accounting :

·         Tampilan masih hitam putih dan kurang menarik
·         Masih memerlukan printer yang lama ( Dot Matrix)
·         Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
·         Digit nilai saldo terbatas
·         Kurang support dengan windows xp 2

MENGERJAKAN SOAL AKUNTANSI MENGGUNAKAN DACEASY ACCOUNTING
Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

1.    Membuat Data Perusahaan
Pilih File – New Company, Isikan identitas perusahaan
Pilih Next, Setting awal periode akuntansi perusahaan (bulan+tahun)
Pilih Next 2x, Beri tanda silang pada Create your Own
Pilih Next, Isikan pada Data directory dengan folder penyimpanan file (contoh:H:\akun) → Nama folder tidak boleh ada spasi & jumlah karakter max 8 karakter
Pilih Next, kemudian pilih Finish

2.    Memasukkan Data Awal Perusahaan (Data Akun)
Pilih Icon General Ledger atau View – General Ledger
Pilih Account Card, Isikan No.Rekening ke dalam isian Code dan isikan Nama Rekening ke dalamName
Untuk menyimpannya, pilih tombol Save atau tekan tombol Alt+S

3.    Membuat Daftar Control Account
Pilih Menu Default – Control Account
Gantilah kode akun/rekening pada kolom Account sesuai dengan kode akun/rekening soal
Account Payable
Utang Dagang
Account Receivable
Piutang dagang
Accruals
Pendapatan Diterima Dimuka
Bad Debts
Biaya Kerugian Piutang
Cost Of Goods Sold
HPP
Default Bank
Bank (mis : Danamon)
Default Expenses
Biaya Lain-lain
Default Finance Charges
Pendapatan Lain-lain
Default Sales
Penjualan
Inventory
Persediaan Brg Dagangan
Mispostings
Mispostings
Prepayment
Biaya Dibayar Dimuka
Purchase Discounts
Potongan Pembelian
Retained Earnings
Laba Ditahan
Sales Discounts
Potongan Penjualan
Sales Tax
Utang Pajak
Shipping Expenses
Biaya Angkut
Shipping Revenue
Pendapatan Jasa
Suspense
Suspense
Tax On Purchases
Biaya Pajak Pembelian
Selanjutnya pilih OK, Close
Hapus semua file berbahasa inggris kecuali Misposting & Suspense

4.    Mensetting Informasi Umum (Pensettingan dilakukan di Menu Default)
Pilih Company Preferences – System – Inventory, pilih FIFO Costing
Pilih Tax Codes, isikan pajak yang ditetapkan perusahaan di T4 (contoh:10%)
Pilih Department, isikan departemen yang ada di perusahaan
Pilih Product Categories, isikan kategori produk yang ada di perusahaan
Pilih Fixed Assets Categories, isikan kategori aktiva tetap yang ada di perusahaan
Pilih Customer Default, isikan data customer yang diperlukan sesuai soal
Pilih Vendor Default, isikan data vendor yang diperlukan sesuai soal
Pilih Currency, untuk mengatur nilai mata uang
Pilih Change Date Program, untuk mengatur waktu/tanggal program

5.    Memasukkan Data Customer / Pelanggan
Pilih icon Customers atau menu View – Customers, kemudian pilih Customer Card
Isikan pada Customer Code = kode Customer, Customer Name = Nama Customer, Address1 = alamat Customer, Contact person, telephone = no.telp, Credit Limit = batas kredit dan Customer Balances = saldo piutang (Untuk pengisian saldo piutang pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode akuntansi, Invoice = jumlah saldo piutang)
Pilih Save 2x

6.    Memasukkan Data Vendor / Pemasok
Pilih icon Vendors atau menu View – Vendors, kemudian pilih Vendor Card
Isikan pada Vendor Code = kode Vendor, Vendor Name = Nama Vendor, Address1 = alamat Vendor,Contact person, telephone = no.telp, Credit Limit = batas kredit dan Vendor Balances = saldo utang (Untuk pengisian saldo utang pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode akuntansi, Invoice = jumlah saldo utang)
Pilih Save 2x

7.    Memasukkan Data Product / Barang
Pilih icon Products atau menu View – Products, kemudian pilih Product Card 
Isikan pada Product Code = kode brg, Description = Nama brg, Department = nama departemen,Category = kategori brg , Vendor code = kode vendor, Sales price = harga jual, reorder level, reorder Qty = jumlah order dan In Stock = jumlah stok & kos (Untuk pengisian pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode akuntansi, Quantity = jumlah stok, Cost = jumlah kos)
Pilih Save 2x

8.    Memasukkan Saldo Neraca awal perusahaan
Pilih Icon General Ledger atau View – General Ledger
Pilih Account Card, isikan secara manual saldo awal akun pada Current Balances (untuk pengisiannya, yg bersaldo Debit : Kas & Bank.Yg bersaldo Kredit : Modal)
Catatan: rekening piutang dagang, utang dagang & persediaan dagang otomatis terisi karena saldo sudah dimasukkan melalui Customers, Vendors & Products
 Pilih Save 2x

9.    Membuat COA
Pilih Icon General Ledger atau View – General Ledger
Pilih Chart Of Account – Add, isikan nama COA yang akan dibuat, pilih OK

10.  Memasukkan Data Transaksi
Untuk Penjualan menggunakan Invoicing – Product Invoice
Untuk Retur Penjualan menggunakan Invoicing – Product Credit Memo
Untuk pemesanan barang ke Customer menggunakan Invoicing – Product Invoice tapi pada Quate diberi tanda silang
Untuk penerimaan barang yang dipesan dari Customer menggunakan Invoicing – Product Invoicetapi pada Quate tanda silang dihilangkan.
Untuk Pembelian Purchase Order – Purchase Order Entry
 Untuk Retur Pembelian Purchase Order – Purchase Return Entry
Untuk pemesanan barang ke Vendor menggunakan Purchase Order – Purchase Order Entry tapi pada PO diberi tanda silang
Untuk penerimaan barang yang dipesan dari Vendor menggunakan Purchase Order – Purchase Order Entry dan pada PO  tanda silang dihilangkan
Untuk penerimaan angsuran piutang dari pelanggan melalui bank menggunakan Bank – Customer Deposit

11.  Posting Transaksi
Untuk Penjualan, Pilih Invoicing – pilih transaksi yang akan diposting kemudian pilih  Update Ledger – Preview –OK.
Untuk Pembelian, Pilih Purchase Order – pilih transaksi yang akan diposting kemudian pilih Update Ledger – Preview –OK.

12.  Mencetak Laporan Keuangan (Semua laporan dari menu Financials)
Neraca Saldo Disesuaikan, pilih Trial Balance – Run
Laporan Rugi Laba, pilih Profit and Loss – Layout = nama COA yg telah dibuat – Run
Laporan Neraca, pilih Balance Sheet – Layout = nama COA yg telah dibuat – Run

13.  Pembagian COA
Aktiva Lancar / Current Assets :
Kas
Bank
Piutang Dagang
Persediaan Dagangan
Cadangan Kerugian Piutang
Biaya Dibayar Dimuka

Utang / Liabilities :
Utang Dagang
Utang Pajak
Pendapatan Diterima Dimuka

Modal / Capital & Reserves :
Modal
Laba Ditahan

Sales / Pendapatan :
Penjualan
Potongan Penjualan
Pendapatan Jasa
Pendapatan Lain-lain

Pembelian / Purchases:
HPP
Biaya Angkut
Potongan Pembelian

By.Operasi / Direct Expenses :
Biaya Pajak Pembelian
Biaya Kerugian Piutang
Biaya Lain-lain

Aktiva Tetap / Fixed Assets :
-

By.Overhead / Overheads :
-


Sumber :

http://www.mediapustaka.com/2015/01/program-komputer-pendukung-akuntansi.html
http://ariskoerniawan.blogspot.co.id/2011/11/daceasy-accounting.html
http://abdulrahmanwahid.blogspot.co.id/2012/11/macam-macam-software-akuntansi-yang.html
http://blog.akakom.ac.id/detotty/mengerjakan-soal-akuntansi-menggunakan-daceasy-accounting/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar