Penjelasan
DacEasy
Accounting adalah system yang lengkap mengelola dan mencatat
transaksi-transaksi yang terjadi pada setiap perusahaan, baik perusahaan
dagang maupun jasa. Dac Easy Accounting terdiri dari 7 fungsi utama yaitu :
inventori barang dan jasa, pengajuan rekening /faktur, piutang dagang, order
pembelian dan penerimaan, hutang dagang, buku besar serta penyusunan anggaran
dan peramalan. Untuk mengamankan informasi dalam system akuntansi,
DacEasy Accounting menyediakan option kontrol untuk password
pengaman.
Program ini dijalankan pada komputer IBM PC, XT atau AT yang kompatibel. Untuk penggunaan harus menggunakan MS DOS versi 2.00 atau yang lebih tinggi dan minimum mempunyai RAM 256 kilobyte.Juga diperlukan printer 80 kolom yang mampu mencetak karakter condesed (17 CPI). Sebuah harddisk sangat dianjurkan untuk penanganan dan penduplikasian data yang cepat dan mudah. DacEasy Accounting dapat beroperasi untuk perusahaan kecil yang menggunakan 2 disk drive atau satu drive dengan densitas tinggi (1.2 Megabyte).
Program ini dijalankan pada komputer IBM PC, XT atau AT yang kompatibel. Untuk penggunaan harus menggunakan MS DOS versi 2.00 atau yang lebih tinggi dan minimum mempunyai RAM 256 kilobyte.Juga diperlukan printer 80 kolom yang mampu mencetak karakter condesed (17 CPI). Sebuah harddisk sangat dianjurkan untuk penanganan dan penduplikasian data yang cepat dan mudah. DacEasy Accounting dapat beroperasi untuk perusahaan kecil yang menggunakan 2 disk drive atau satu drive dengan densitas tinggi (1.2 Megabyte).
Penggunaan
Penggunaan Dac
Easy Accounting relatif sama dengan aplikasi akuntansi lainnya. Biasanya
digunakan untuk dunia usaha seperti bank dan dunia pendidikan, namun pada saat
ini penggunaan dac easy accounting mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi
yang sangat pesat. Terutama banyak aplikasi aplikasi baru yang sudah merevisi
kekurangan kekurangan aplikasi akuntansi sebelumnya.
Kelebihan DacEasy
Accounting :
·
Proses pengolahan cepat
·
Tingkat akurasi informasi yang
dihasilkan cukup tinggi
·
Jarang terserang virus
·
Data akan tersimpan secara otomatis jika
terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan DacEasy Accounting :
·
Tampilan masih hitam putih dan kurang
menarik
·
Masih memerlukan printer yang lama ( Dot
Matrix)
·
Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk
pengembangan software ini.
·
Digit nilai saldo terbatas
·
Kurang support dengan windows xp 2
MENGERJAKAN SOAL AKUNTANSI MENGGUNAKAN DACEASY
ACCOUNTING
Langkah
– langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Membuat
Data Perusahaan
Pilih File
– New Company, Isikan identitas perusahaan
Pilih Next, Setting
awal periode akuntansi perusahaan (bulan+tahun)
Pilih Next
2x, Beri tanda silang pada Create your Own
Pilih Next, Isikan
pada Data directory dengan folder penyimpanan file (contoh:H:\akun) →
Nama folder tidak boleh ada spasi & jumlah karakter max 8 karakter
Pilih Next,
kemudian pilih Finish
2. Memasukkan
Data Awal Perusahaan (Data Akun)
Pilih
Icon General Ledger atau View – General Ledger
Pilih Account
Card, Isikan No.Rekening ke dalam isian Code dan isikan Nama Rekening
ke dalamName
Untuk
menyimpannya, pilih tombol Save atau tekan tombol Alt+S
3. Membuat
Daftar Control Account
Pilih
Menu Default – Control Account
Gantilah
kode akun/rekening pada kolom Account sesuai dengan kode akun/rekening soal
Account
Payable
|
Utang
Dagang
|
Account
Receivable
|
Piutang
dagang
|
Accruals
|
Pendapatan
Diterima Dimuka
|
Bad
Debts
|
Biaya
Kerugian Piutang
|
Cost
Of Goods Sold
|
HPP
|
Default
Bank
|
Bank
(mis : Danamon)
|
Default
Expenses
|
Biaya
Lain-lain
|
Default
Finance Charges
|
Pendapatan
Lain-lain
|
Default
Sales
|
Penjualan
|
Inventory
|
Persediaan
Brg Dagangan
|
Mispostings
|
Mispostings
|
Prepayment
|
Biaya
Dibayar Dimuka
|
Purchase
Discounts
|
Potongan
Pembelian
|
Retained
Earnings
|
Laba
Ditahan
|
Sales
Discounts
|
Potongan
Penjualan
|
Sales
Tax
|
Utang
Pajak
|
Shipping
Expenses
|
Biaya
Angkut
|
Shipping
Revenue
|
Pendapatan
Jasa
|
Suspense
|
Suspense
|
Tax On
Purchases
|
Biaya
Pajak Pembelian
|
Selanjutnya
pilih OK, Close
Hapus
semua file berbahasa inggris kecuali Misposting & Suspense
4. Mensetting
Informasi Umum (Pensettingan dilakukan di Menu Default)
Pilih Company
Preferences – System – Inventory, pilih FIFO Costing
Pilih Tax
Codes, isikan pajak yang ditetapkan perusahaan di T4 (contoh:10%)
Pilih Department, isikan
departemen yang ada di perusahaan
Pilih Product
Categories, isikan kategori produk yang ada di perusahaan
Pilih Fixed
Assets Categories, isikan kategori aktiva tetap yang ada di perusahaan
Pilih Customer
Default, isikan data customer yang diperlukan sesuai soal
Pilih Vendor
Default, isikan data vendor yang diperlukan sesuai soal
Pilih Currency,
untuk mengatur nilai mata uang
Pilih Change
Date Program, untuk mengatur waktu/tanggal program
5. Memasukkan
Data Customer / Pelanggan
Pilih
icon Customers atau menu View – Customers, kemudian pilih Customer
Card
Isikan
pada Customer Code = kode Customer, Customer Name = Nama
Customer, Address1 = alamat Customer, Contact person, telephone =
no.telp, Credit Limit = batas kredit dan Customer Balances =
saldo piutang (Untuk pengisian saldo piutang pada Ref = O/BAL, Date =
tgl awal periode akuntansi, Invoice = jumlah saldo piutang)
Pilih Save
2x
6. Memasukkan
Data Vendor / Pemasok
Pilih
icon Vendors atau menu View – Vendors, kemudian pilih Vendor
Card
Isikan
pada Vendor Code = kode Vendor, Vendor Name = Nama Vendor, Address1 =
alamat Vendor,Contact person, telephone = no.telp, Credit Limit =
batas kredit dan Vendor Balances = saldo utang (Untuk pengisian saldo
utang pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode akuntansi, Invoice =
jumlah saldo utang)
Pilih Save
2x
7. Memasukkan
Data Product / Barang
Pilih
icon Products atau menu View – Products, kemudian pilih Product
Card
Isikan
pada Product Code = kode brg, Description = Nama brg, Department =
nama departemen,Category = kategori brg , Vendor code = kode
vendor, Sales price = harga jual, reorder level, reorder
Qty = jumlah order dan In Stock = jumlah stok & kos (Untuk
pengisian pada Ref = O/BAL, Date = tgl awal periode
akuntansi, Quantity = jumlah stok, Cost = jumlah kos)
Pilih Save
2x
8. Memasukkan
Saldo Neraca awal perusahaan
Pilih
Icon General Ledger atau View – General Ledger
Pilih Account
Card, isikan secara manual saldo awal akun pada Current Balances (untuk
pengisiannya, yg bersaldo Debit : Kas & Bank.Yg bersaldo Kredit : Modal)
Catatan:
rekening piutang dagang, utang dagang & persediaan dagang otomatis
terisi karena saldo sudah dimasukkan melalui Customers, Vendors &
Products
Pilih Save
2x
9. Membuat
COA
Pilih
Icon General Ledger atau View – General Ledger
Pilih Chart
Of Account – Add, isikan nama COA yang akan dibuat, pilih OK
10. Memasukkan
Data Transaksi
Untuk
Penjualan menggunakan Invoicing – Product Invoice
Untuk
Retur Penjualan menggunakan Invoicing – Product Credit Memo
Untuk
pemesanan barang ke Customer menggunakan Invoicing – Product Invoice tapi
pada Quate diberi tanda silang
Untuk
penerimaan barang yang dipesan dari Customer menggunakan Invoicing –
Product Invoicetapi pada Quate tanda silang dihilangkan.
Untuk
Pembelian Purchase Order – Purchase Order Entry
Untuk
Retur Pembelian Purchase Order – Purchase Return Entry
Untuk
pemesanan barang ke Vendor menggunakan Purchase Order – Purchase Order
Entry tapi pada PO diberi tanda silang
Untuk
penerimaan barang yang dipesan dari Vendor menggunakan Purchase Order –
Purchase Order Entry dan pada PO tanda silang dihilangkan
Untuk
penerimaan angsuran piutang dari pelanggan melalui bank menggunakan Bank –
Customer Deposit
11. Posting
Transaksi
Untuk
Penjualan, Pilih Invoicing – pilih transaksi yang akan diposting
kemudian pilih Update Ledger – Preview –OK.
Untuk
Pembelian, Pilih Purchase Order – pilih transaksi yang akan diposting
kemudian pilih Update Ledger – Preview –OK.
12. Mencetak
Laporan Keuangan (Semua laporan dari menu Financials)
Neraca
Saldo Disesuaikan, pilih Trial Balance – Run
Laporan
Rugi Laba, pilih Profit and Loss – Layout = nama COA yg telah dibuat
– Run
Laporan
Neraca, pilih Balance Sheet – Layout = nama COA yg telah dibuat – Run
13. Pembagian
COA
Aktiva
Lancar / Current Assets :
Kas
Bank
Piutang
Dagang
Persediaan
Dagangan
Cadangan
Kerugian Piutang
Biaya
Dibayar Dimuka
Utang /
Liabilities :
Utang
Dagang
Utang
Pajak
Pendapatan
Diterima Dimuka
Modal /
Capital & Reserves :
Modal
Laba
Ditahan
Sales /
Pendapatan :
Penjualan
Potongan
Penjualan
Pendapatan
Jasa
Pendapatan
Lain-lain
Pembelian
/ Purchases:
HPP
Biaya
Angkut
Potongan
Pembelian
By.Operasi
/ Direct Expenses :
Biaya
Pajak Pembelian
Biaya
Kerugian Piutang
Biaya
Lain-lain
Aktiva
Tetap / Fixed Assets :
-
By.Overhead
/ Overheads :
-
Sumber :
http://www.mediapustaka.com/2015/01/program-komputer-pendukung-akuntansi.html
http://ariskoerniawan.blogspot.co.id/2011/11/daceasy-accounting.html
http://abdulrahmanwahid.blogspot.co.id/2012/11/macam-macam-software-akuntansi-yang.html
http://blog.akakom.ac.id/detotty/mengerjakan-soal-akuntansi-menggunakan-daceasy-accounting/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar